Besok Rabu, 1 Juni 2022, akan diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Hari tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah.

Dilansir dari BKN, penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pada 2017, bahkan Hari Lahir Pancasila tidak hanya diperingati pada 1 Juni 2017 saja. Lebih dari itu, Pemerintah juga mengadakan Pekan Pancasila sejak 29 Mei-4 Juni 2017.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Masih berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada 1 Juni 1945. Dikutip dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada 1 Juni 1945, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). Ketika itu, BPUPKI memang tengah mengadakan sidang kedua mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia merdeka. Presiden pertama Republik Indonesia itu pun menyampaikan gagasannya dalam Pidato bertajuk “Lahirnya Pancasila”. Pada awalnya, pidato ini disampaikan Soekarno tanpa judul, tetapi mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat memberikan judul pada pidato “Lahirnya Pancasila”. Tak hanya tanpa judul, Soekarno melakukan pidato tanpa persiapan tertulis alias disampaikan secara aklamasi. Narasi yang disampaikan oleh Soekarno ketika dituliskan ke dalam ketikan mencapai tebal 17 halaman.

Konsep awal Pancasila

Dalam pidato itu, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Soekarno sebagai dasar negara merdeka. Setelah menyampaikan pidatonya, gagasan Soekarno mengenai dasar negara Indonesia diterima oleh para anggota BPUPKI. Akhirnya, Pancasila dinyatakan secara sah dan resmi menjadi dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945. Sebelumnya, pada 29 Mei 1945 BPUPKI juga sudah mengadakan rapat pertama untuk membahas dasar negara. Namun, pada kesempatan itu, para anggota belum menemukan kesepakatan terkait konsep dasar negara.

Related Posts

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eighteen + 7 =