Pemalang – Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOSKBPP) Kabupaten Pemalang menggelar bimbingan teknis bagi 15 desa lokus Program SAFE4C (Safe and Friendly Environment for Children) yang bertujuan untuk membangun lingkungan yang aman dan ramah bagi anak.

Ada 60 peserta yang dihadirkan dari 15 Desa Lokus safe4C dengan keterwakilan masing-masing 4 orang dari unsur perangkat desa, organisasi masyarakat, TP PKK, Forum Anak Desa. Narasumber yang dihadirkan dari Kabid PPA, Kabid Kelembagaan Ekonomi dan Kerjasama Desa Dinpermasdes, Pengurus Yayasan Berdaya Indonesia. Selasa (22/11/2022).

Plt. DINSOSKBPP Agus Wibowo, M.Si menandaskan betapa pentingnya membangun lingkungan yang aman dan ramah bagi anak.  Pemenuhan hak anak harus mutlak dipenuhi, ada hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.

” ANAK Pasal 1 (1) UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak Adalah seseorang yang BELUM berusia 18 (DELAPAN BELAS) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan,” tandasnya.

Pihaknya berharap kepada peserta, setelah mengikuti kegiatan bintek ini, diharapkan ada aksi perubahan positif dimasyarakat, biar banyak masyarakat yang mengetahui tentang apa itu perlindungan anak, siapa yang bertanggungjawab jika ada masalah dengan anak, bagaimana menjadi pelapor dan pelopor, termasuk mengetahui pengasuhan positif dan kepedulian desa dalam persoalan penganggaran untuk mendukung desa yang aman dan ramah pada anak dan perempuan.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Kerjasama Desa dan Kelembagaan Masyarakat Dinpermasdes Kabupaten Pemalang Drs. Budi Utomo, desa harus peduli pada persoalan anak dan perempuan, siapa lagi yang akan memperhatikan anak, karena mereka itu pewaris negara ini yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan, dan mereka generasi anak harus berkualitas, dan memiliki skil yang ahli dan terapan.

” Anak adalah investasi bangsa, ada 79,5 juta anak Indonesia mereka itu 30% penduduk indonesia berusia anak, maka perlu disiapkan sedini mungkin dan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Related Posts

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 − nine =